Jumat, 03 Agustus 2012

Perbandingan Antar Media Transmisi


Perbandingan Antar Media Transmisi

Berdasarkan media transmisi data yang digunakan, jaringan computer dapat dibagi menjadi wire network dan wireless network.
  1. 1.       WIRE NETWORK
Wire network adalah jaringan computer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Pada sebuah network, media transmisi memegang peranan yang sangat penting. Karena informasi atau data akan diangkut melalui media transmisi. Seperti jalan raya yang dilalui kendaraan bermotor.
Kabel yang digunakan pada jaringan computer biasanya terbuat dari bahan tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang dibuat menggunakan bahan fiber optic. Biasanya kabel berbahan tembaga banyak digunakan pada LAN. Sedangkan untuk MAN dan WAN banyak menggunakan kabel tembaga dan fiber optic.
Pada wire network, ada beberapa pilihan kabel yang dapat digunakan yaitu :
a.      Coaxial
Kabel coaxial terdiri dari konduktor, shield, isolator dalam dan isolator luar. Kabel ini memiliki sebuah konduktor tembaga di pusatnya. Konduktor digunakan untuk jalur transmisi data. Kabel ini saat ini jarang digunakan karena proses intsalasi kabel yang cukup sulit, kecepatan transfer data yang kurang memadai untuk kebutuhan saat ini dan harganya cukup mahal. Tapi kabel coaxial ini cukup resisten terhadap sinyal interferensi.


b.      Twisted pair
Dibagi menjadi 2 yaitu :
-          Unshielded twisted pair (UTP)
-          Shielded twisted pair (STP)
Kabel STP lebih tahan terhadap gangguan interferensi elektromagnetik. Shield pada STP terbuat dari bahan metal atau logam. Selain berfungsi sebagai peredam interferensi elektromagnetik, shield ini juga berfungsi sebagai ground. Saat ini kabel UTP lebih populer untuk network. Kualitas kabel UTP pun bervariasi.


c.       Twinaxial
Jenis kabel berbahan tembaga lainnya yang relatif cukup baru adalah twinaxial atau twinax. Bisa dikatakan kabel ini merupakan gabungan antara twisted pair dan coaxial. Dari luar tampak seperti kabel coaxial, tapi di dalamnya seperti twisted pair.


 d.      Fiber Optic
Kabel FO memiliki kemampuan mentransmisikan sinyal dengan kecepatan sangat tinggi dan jarak sangat jauh dibandingkan coaxial dan twisted pair. FO juga mampu membawa informasi berukuran besar dengan tingkat keandalan yang tinggi.


  1. 2.       WIRELESS NETWORK
Wireless network adalah jenis jaringan computer yang mennggunakan gelombang radio untuk transmisi data. Saat ini semakin banyak implementasi wireless network di pusat perbelanjaan, airport, rumah sakit dan lokasi-lokasi yang lain. Pengguna dapat dengan mudah mengakses internet menggunakan handphone, laptop dan perangkat genggam lainnya. Wireless network memiliki beberapa keunggulan seperti proses instalasi yang lebih mudah dibandingkan wire network, dapat mencapai area yang sulit dijangkau, biaya instalasi dan perawatan yang lebih murah. Namun, disisi lain juga memiliki beberapa kekurangan, seperti masalah interferensi dengan perangkat microwave, rawan penyadapan, mudah dipengaruhi oleh cuaca buruk.
Wireless network memiliki beberapa jenis, yaitu :
a.      Wireless PAN (WPAN)
WPAN merupakan jenis network yang dibentuk oleh berbagai perangkat dengan cakupan area sekitar 10 meter. WPAN menggunakan gelombang radio dan biasanya menggunakan perangkat berbasis Bluetooth.
b.      Wireless LAN (WLAN)
Secara umum WLAN lebih banyak ditujukan untuk keperluan didalam ruangan (indoor). Namun, saat ini sudah banyak orang yang memanfaatkan perangkat wifi untuk keperluan outdoor. Misalnya untuk menghubungkan dua buah lokasi berjarak lebih dari 2km. Untuk maksud ini diperlukan antena eksternal yang harus dipasang pada ketinggian tertentu.
c.        Wireless MAN (WMAN)
WMAN yang disebut WiMAX. Ada dua buah standar WiMAX, yaitu fixed WiMAX dan mobile WiMAX. Frekuensi yang digunakan untuk fixed WiMAX adalah 2 dan 11 GHz sedangakn untuk mobile WiMAX sebesar 2,66 GHz. Teknologi WiMAX dimaksudkan untuk menjangkau area seukuran sebuah kota. Jadi, WiMAX melengkapi WiFi dan Bluetooth.
d.      Wireless WAN (WWAN)
Wireless WAN relatif baru dan berbeda dibandingkan WLAN. WWAN menggunakan teknologi network seluler seperti WiMAX. GPRS, EDGE, CDMA2000, GSM, HSDPA atau 3G untuk komunikasi data. Teknologi seluler memungkinkan akses internet di mana pun secara fleksibel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar